Sabtu, 21 Juli 2012

PENGENALAN MICROSOFT WORD


PENGENALAN MICROSOFT WORD
                               
1.1    Memulai Microsoft Word

Microsoft Word (biasa diakronimkan dengan MS-Word) merupakan salah satu program aplikasi pengolah kata di bawah sistem Windows. Sistem Windows merupakan sistem operasi berbasis grafik (Grafic User Interface/GUI) yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan demikian sistem Windows disamping digunakan untuk mode grafis juga memiliki kelebihan untuk melaksanakan tugas ganda/multitasking pada saat yang sama untuk menjalankan program aplikasi yang berbeda-beda.
 Microsoft Word digunakan untuk merancang dokumen secara profesional. Pembuatan skripsi, diktat, dan buku merupakan sebagian dari tugas dan kemampuan Microsoft Word. Selain Microsoft Word ada beberapa macam program pengolah kata diantaranya adalah, Wordstar, Chi Writer, Multimate, AMI Pro, Word Perfect, PFS Writer, Turbo Sprint, Xerox Writer, dan Lotus Manuscript.
Cara untuk mulai menjalankan Microsoft Word (Gambar 1)
1.    Nyalakan komputer, tunggu sampai komputer menampilkan area kerja (desktop) Microsoft Word.
2.    Klik menu Start (biasanya di kiri bawah).
3.    Pilih dan klik menu Program               klik menu Microsoft Word.
1.2    Pengenalan Area Kerja MS Word

Di bawah ini adalah tampilan area kerja Microsoft Word (Gambar 2). Sebelum memulai aplikasi Microsoft Word sebaiknya kita mengenal dahulu tampilan area kerja aplikasi Microsoft Word, beserta elemen-elemennya antara lain: menu bar, toolbar, title bar, ruler dan lain-lain.






Keterangan :
     Menu Bar
Menu adalah baris yang memuat sekumpulan menu berupa tulisan, yaitu File, Edit, sampai Help diujung kanan. Perintah dapat dilakukan dengan meng-klik menu dikehendaki.
     Toolbar
Toolbar adalah baris yang memuat sekumpulan ikon yang berisi perintah-perintah Microsoft Word. Masing-masing ikon menggambarkan perintah yang terkandung di dalamnya. Jika pointer kita letakkan pada salah satu ikon, maka akan ditampilkan kotak kecil yang berisi keterangan perintah tersebut. Menjalankan perintah lewat ikon tool bar lebih cepat daripada lewat menu.
     Control Menu terdiri dari:
a. Minimize    :    Digunakan untuk mengecilkan jendela lembar kerja sehingga berbentuk ikon di task bar
b. Maximize    :    Digunakan untuk memperbesar atau untuk mengubah jendela lembar kerja menjadi satu layar penuh
c. Restore    :    Digunakan untuk mengembalikan jendela ke posisi semula
d. Close/Alt+F4    :    Digunakan untuk menutup jendela lembar kerja aktif dan dapat digunakan untuk mengakhiri program Ms-Word
     Ruler Line (Mistar)
Ruler line berfungsi untuk mengatur tabulasi, masuknya awal paragraf, dan margin. Ada dua jenis ruler bar, yaitu horozontal dan vertikal. Untuk menampilkan/menghilangkan mistar, caranya: klik menu View          Ruler
     View
View berfungsi untuk mengubah tampilan layar: Normal, Web Layout, Print Layout dan Outline. View yang biasa dipakai adalah Print Layout. Posisi menu View berada disamping kiri horizontal scroll bar.
     Status Bar
 
Status Bar terletak pada bagian bawah layar Microsoft Word. Status bar berisi informasi mengenai halaman yang sedang kita sunting, antara lain: nomor halaman, nomor seksi, baris, kolom dan lain sebagainya.
     Scroll Bar
Scroll Bar adalah baris pada sisi kanan monitor yang berfungsi untuk melihat bagian monitor diatasnya/dibawahnya. Caranya dengan meng-klik segitiga di ujung  scrool bar atau dengan mendrag kotak yang ada pada scroll bar.
Mengganti Warna Background Halaman Kerja
Halaman kerja Microsoft Word default-nya memiliki warna putih dengan teks hitam. Anda bisa mengubahnya menjadi warna lain agar halaman kerja tampil lebih menarik.
Mengganti warna background halaman kerja bagi sebagian pengguna dapat menambah kenyamanan dalam bekerja. Untuk Microsoft Word 2007, Anda bisa melakukan dengan sangat mudah (dibandingkan dengan versi Word sebelumnya). Saat Anda bekerja dengan Microsoft Word, Anda cukup melakukannya dari tab “Page Layout”. Selanjutnya, Anda klik “Page Color” untuk menampilkan “Themes Color”. Sebelum menentukan warna akhir. Anda bisa mencoba-coba berbagai warna yang ada dengan menggeser kursor mouse. Setelah menemukan warna yang Anda inginkan, klik warna tersebut untuk mengaplikasikan ke dalam halaman kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar